Search

2018, Tercatat 40 Kasus DBD di Jogja

JawaPos.com – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Jogjakarta masih menjadi momok yang mengerikan. Dari Januari hingga Mei, tercatat angka penderita DBD sebanyak 40 kasus.

Kendati demikian, menurut Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Yudiria Amelia jumlah penderitanya terus mengalami penurunan.

Dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama, tercatat 350 kasus. "Meskipun turun, tapi pengendalian DBD harus tetap dijalankan," katanya, di ruang Fortakgama Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (8/6).

Dalam upayanya menekan jumlah penderita, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta. Guna melaksanakan studi untuk mengetahui dampak pelepasan nyamuk berwolbachia pada skala luas terhadap penurunan kasus DBD.

Studi ini melibatkan 17 Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kota Jogjakarta. Serta satuPuskesmas di kabupaten Bantul dengan merekrut pasien demam yang berobat.

Peneliti EDP, Riris Andono Ahmad, mengatakan sudah merekrut sekitar 1.408 responden hinga 7 juni lalu dari target 10 ribu responden pada akhir 2019 nanti. "Dari rekrutmen ini kami akan memproleh perbandingan kasus DBD di wilayah pelepasan wolbachia," ucapnya.

Proyek penelitian dalam rangka mengurangi angka kematian akibat nyamuk Aedes aegypti ini menggunakan bahan bakteri alami Wolbachia untuk menghambat perkembangan virus dengue di dalam tubuh nyamuk. Telur nyamuk yang sudah mengandung bakteri tersebut disebar di rumah-rumah penduduk di Kota Jogjakarta.

Peneliti Utama EDP, Adi Utarini menambahkan, nyamuk ber-wolbachia kini sudah menyebar di separoh wilayah Kota Jogjakarta. Meski dalam tahap penelitian, namun nantinya tetap bisa menjadi rujukan dalam upaya pengurangan kasus demam berdarah di Indonesia.

"Ke depan kami berharap Wolbachia dapat juga menangani penyakit lainnya tapi kami saat ini fokus dengan DBD," pungkasnya.

(dho/JPC)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya ga lengkap atau terpotong buka link disamping buat baca berita lengkap nya https://www.jawapos.com/jpg-today/08/06/2018/2018-tercatat-40-kasus-dbd-di-jogja

Bagikan Berita Ini

0 Response to "2018, Tercatat 40 Kasus DBD di Jogja"

Post a Comment

Powered by Blogger.