Search

Punya Lahan Luas Tapi Kalah Produktif, Menteri Bambang Sentil PTPN III

Sebelumnya, PINA Center Bappenas menandatangani nota kesepahaman dengan holding PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) tentang kerja sama fasilitas pembiayaan investasi dengan skema PINA (Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengatakan nantinya dana yang diraup PTPN III dari kerja sama dengan PINA Center Bappenas, akan digunakan untuk investasi pengembangan sektor hilirnya.

"Tujuannya memperkuat equity PTPN III untuk investasi. Untuk pengembangan downstreaming (hilir) dari hasil perkebunan. (Hilirisasi) bukan opsi lagi, tapi keharusan kalau kita ingin tetap berkompetisi," ungkap Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Mantan Menteri Keuangan ini pun mengakui, proses pengembangan usaha membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga perlu dukungan dana, salah satunya dalam bentuk PINA.

"Memang perlu dukungan anggaran yang kuat. Ini yang nanti akan di bantu. PINA siap fasilitasi. Kita ingin lihat, tidak perlu harus penyertaan modal langsung, tapi bisa melalui instrumen di pasar modal," Bambang menjelaskan. 

Bambang berharap, dengan adanya kerja sama untuk pendanaan semacam ini, PTPN III dapat meningkatkan produktivitas perseroan. Tidak saja di sisi hilir, tapi juga hulu.

"Bapak (PTPN III) ini penguasa lahan, tapi dari segi produktif masih kalah dengan yang swasta di sisi Gili harus ditingkatkan turunnya karet," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3554524/punya-lahan-luas-tapi-kalah-produktif-menteri-bambang-sentil-ptpn-iii

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Punya Lahan Luas Tapi Kalah Produktif, Menteri Bambang Sentil PTPN III"

Post a Comment

Powered by Blogger.