Search

Bertemu Menlu AS, Jokowi Singgung Soal Konflik Palestina - Israel

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard Pompeo di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad, 5 Agustus 2018. Dalam pertemuan itu, keduanya terlibat pembicaraan mulai dari kerja sama ekonomi hingga isu perdamaian.

Baca: Jokowi Terima Menlu AS di Hari Minggu, Retno: Kerja, Kerja, Kerja

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, Jokowi menyinggung soal konflik Palestina-Israel kepada Pompeo. "Presiden menyampaikan agar Amerika memberikan peran yang kontributif kepada proses perdamaian," kata dia seusai mendampingi Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Retno menjelaskan kemerdekaan Palestina adalah prioritas politik luar negeri Indonesia. "Dan ada di setiap hati masyarakat Indonesia," kata dia.

Baca: Jokowi Terima Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo

Bagi Indonesia, kata Retno, cara ampuh untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel adalah lewat solusi bagi dua negara atau two state solution. "Solusi ini dinilai presiden paling valuable," ujarnya.

Konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung puluhan tahun kembali memanas setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memindahkan kantor kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Senin, 14 Mei 2018, waktu setempat. Meski sempat mendapat penolakan dari berbagai penjuru dunia, Amerika tetap melakukannya.

Baca: Mike Pompeo Akui Situasi di Palestina Tidak Mudah

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.tempo.co/read/1113986/bertemu-menlu-as-jokowi-singgung-soal-konflik-palestina-israel

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Menlu AS, Jokowi Singgung Soal Konflik Palestina - Israel"

Post a Comment

Powered by Blogger.