Search

Pembaruan Twitter Buat Aplikasi Pihak Ketiga Kehilangan Fitur

Jakarta, CNN Indonesia -- Perubahan API (Application Program Interface) di Twitter akan memaksa sejumlah aplikasi pihak ketiga di Twitter menghilangkan sejumlah fitur.

Salah satu pengembang aplikasi pihak ketiga, Tapbots telah merilis versi baru dari aplikasi Tweetbot besutannya untuk para pengguna iOS.

Aplikasi Tweetbot diprediksi akan kehilangan sejumlah fitur seperti pembaruan lini masa secara instan dan push notifications ketika pengguna lain merespons cuitan Anda. Tapbots mengatakan pihaknya dipaksa untuk menghilangkan atau menurunkan fungsi dari sejumlah fitur.


"Ini sungguh-sungguh di luar kendali kami," kata perusahaan tersebut seperti disebutkan 9to5Mac.

Di sisi lain, pengembang aplikasi Twitterrific, Iconfactory pun menyayangkan perubahan yang terjadi pada API Twitter. Namun, kepala bagian desain Iconfactory Gedeon Maheux menganggap perubahan tersebut dapat dimengerti oleh pihaknya.

"Kami mengerti bahwa penyebaran bot, spam, dan troll (orang-orang yang sengaja membuat konflik di media sosial) oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab di API Twitter yang lama memiliki dampak buruk bagi seluruh ekosistem di Twitter," ujar Maheux dalam sebuah email, dikutip dari CNet.

Namun, tak semua pengembang aplikasi pihak ketiga merasa bahwa perubahan ini akan membawa dampak yang besar. Pemilik Klinker Apps, pengembang dari aplikasi Talon, Luke Klinker menyebut perubahan di API Twitter tidak akan mengubah aplikasinya secara drastis.

"Saya pikir perubahan ini tidak akan memengaruhi kelangsungan hidup dari aplikasi-aplikasi pihak ketiga dalam jangka panjang. Perubahan tersebut tidak merusak fungsi yang tidak dapat digantikan dengan metode lain," ujar Klinker.

Setelah perubahan di API Twitter, lini masa akan di-refresh setiap satu sampai dua menit sekali dan fitur push notifactions juga akan mengalami penundaan serupa. Perubahan pada API Twitter akan dimulai hari ini (16/8) dan aplikasi Twitter akan sepenuhnya berubah pada 23 Agustus mendatang. (eks)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180816112200-185-322730/pembaruan-twitter-buat-aplikasi-pihak-ketiga-kehilangan-fitur

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembaruan Twitter Buat Aplikasi Pihak Ketiga Kehilangan Fitur"

Post a Comment

Powered by Blogger.