Search

Diagnosis Tepat Kunci Keberhasilan Pengobatan Kanker Darah

Jakarta, CNN Indonesia -- Kunci keberhasilan pengobatan kanker darah terletak pada diagnosis yang tepat. Ketepatan diagnosis dapat menentukan pengobatan yang sesuai sekaligus meningkatkan potensi keberhasilan penyembuhan.

Ahli kanker darah di Singapura, Lim ZiYi menjelaskan, diagnosis penting karena kanker darah memiliki ratusan tipe yang berbeda. Setiap tipe kanker darah memiliki jenis pengobatan yang berbeda pula. Salah dalam diagnosis dapat berakibat fatal dan malah memperburuk keadaan pasien.

Secara umum, terdapat tiga jenis kanker darah, di antaranya leukemia yang berhubungan dengan sel darah putih, limfoma berhubungan dengan kelenjar getah bening, dan myeloma berhubungan dengan sel plasma.


"Kalau dokter tahu diagnosisnya, pengobatannya akan tepat," kata ZiYi dalam temu media yang diselenggarakan Parkway Cancer Center (PCC) Singapura di Jakarta, Kamis (6/9).

Diagnosis didapatkan dengan melakukan berbagai tes selama 24 jam. Hasil tes akan keluar dalam kurun waktu 3-4 hari. Dokter bakal menganalis dan memberikan diagnosis yang tepat.

Dengan mengetahui detail kanker darah pada seseorang, dosis pengobatan atau perawatan dapat diperhitungkan.


Saat ini, terdapat beberapa jenis pengobatan kanker darah seperti kemoterapi, terapi sel bertarget, transplantasi sumsum tulang belakang, hingga yang terbaru, terapi CAR T. Tipe pengobatan beserta dosis yang diberikan akan ditentukan berdasarkan usia, tingkat keakutan, dan kronis sesuai diagnosis dokter.

Pada kanker darah, tingkat keparahan tidak dilihat berdasarkan stadium, melainkan risiko. Pada risiko yang baik, tingkat keberhasilan mencapai 70 persen. Pada risiko pertengahan, keberhasilan mencapai 50 persen. Sedangkan pada risiko rendah, keberhasilan mencapai 25 persen.

Umumnya, dokter bakal memberikan kemoterapi pada penderita jenis kanker darah agresif dan usia muda. Sementara terapi sel bertarget merupakan pemberian obat-obatan yang berfokus pada sel tertentu.

Sedangkan pada kasus yang jarang, barulah transplantasi sumsum tulang belakang dilakukan dengan dua pilihan, yakni dari dalam tubuh atau dari donor. Perhitungan sesuai indikasi yang tepat juga mesti dilakukan agar pengobatan dapat berdampak maksimal.

"Bagaimana cara kami memutuskannya sangat kompleks dan sangat terpersonalisasi," ucap ZiYi.

(asr/chs)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya ga lengkap atau terpotong buka link disamping buat baca berita lengkap nya https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180907111002-255-328450/diagnosis-tepat-kunci-keberhasilan-pengobatan-kanker-darah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diagnosis Tepat Kunci Keberhasilan Pengobatan Kanker Darah"

Post a Comment

Powered by Blogger.