Search

Usai Konsumsi Antibiotik, Lidah Wanita Ini Berubah Hitam dan Berbulu

Liputan6.com, Missouri, Amerika Serikat Lidah seorang wanita berusia 55 tahun berubah hitam dan berbulu setelah ia diberi antibiotik. Wanita itu diberi dua jenis antibiotik berbeda, yakni meropenem dan minocycline. Setelah seminggu berjalan, wanita itu dilaporkan merasa mual dan rasa tidak enak di mulutnya.

Gejala lain yang lebih mencolok, pada lidah wanita yang tak disebut namanya ini tumbuh bulu hitam (black hairy tongue). Kondisi wanita tersebut dicatat pada laporan berjudul, Black Hairy Tongue, yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine pada 6 September 2018.

Wanita itu diberi dua jenis antibiotik untuk mengobati infeksinya. Ia mengalami kecelakaan mobil dan kena infeksi luka polimikrobial - infeksi yang disebabkan oleh lebih dari satu mikroba.

Menurut Yasir Hamad, dokter yang berpraktik di Washington University School of Medicine, St. Louis, Missouri, kondisi lidah berbulu hitam yang dialami wanita itu tidaklah mengejutkan.

"Ini tidak berbahaya. Kondisi ini muncul disebabkan pembesaran dan pertumbuhan tonjolan kecil di permukaan lidah," tulis Yasir dalam laporan tersebut, dikutip dari Live Science, Minggu (9/9/2018).

Benjolan yang disebut filiform papilae ini tidak seperti papillae jenis lain di lidah. Itu tidak mengandung perasa, menurut Encyclopedia of Neuroscience. Jenis benjolan itu membantu mencengkeram makanan di permukaan lidah, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Developmental Dynamics.

Simak video menarik berikut ini:

Awalnya bocah ini penasaran akan apa yang terjadi jika ia menempelkan lidahnya di tiang yang membeku. Si bocah lalu menangis histeris lantaran tak dapat melepaskan lidahnya dari tiang.

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya ga lengkap atau terpotong buka link disamping buat baca berita lengkap nya https://www.liputan6.com/health/read/3640163/usai-konsumsi-antibiotik-lidah-wanita-ini-berubah-hitam-dan-berbulu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usai Konsumsi Antibiotik, Lidah Wanita Ini Berubah Hitam dan Berbulu"

Post a Comment

Powered by Blogger.