Search

Mahasiswa Kimia ULLM Ajak Warga Buat Pakan Ikan dari Eceng ...

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sudirman tak mengira eceng gondok yang selama ini banyak disekitar kampungnya ternyata berguna. Ia mengaku tak mengira eceng gondok bisa dijadikan pakan ternak.

"Baru ini saya tahu Biasanya Saya beli makan di orang jual saja dan harganya juga tak pernah turun," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (30/10).

Warga Desa Pasar Lama Kabupaten Banjar ini sehari-hari juga berprofesi sebagai pembudidaya ikan mas. Selama ini sebutnya eceng gondok hanya dibuang atau dibersihkan dari lingkungan warga.

"Enak jadinya lebih hemat bisa tidak beli pakan terus menerus," tambahnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Matchday 4 Live di RCTI, Juventus vs Man United, Inter vs Barcelona

Baca: Kakak Maia Estianty, Pinky Evianty Ungkap Pembagian Tugas Saat Persiapan Pernikahan Adiknya

Baca: Irwan Mussry Nikahi Maia Estianty, Terungkap Irwan Sempat Minta Izin Ahmad Dhani Sebelum Dekati Maia

Prihatin dengan semakin tingginya harga pakan ternak di Kalsel membuat mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa kimia “Redoks” FMIPA Universitas Lambung Mangkurat mengadakanBakti masyarakat ke desa Pasar Lama Kabupaten Banjar dan SDN lok tangga Kabupaten Banjar.

Humas Himamia Redoks FMIPA ULM, Nadia saat ditemui di kampusnya FMIPA UPM di Banjarbaru Selasa (30/10/2018) usai kegiatan bakti masyarakat mengatakan warga Desa Pasar Lama kebanyakan membeli pakan untuk makanan ikan.

Sementara harga pakan mahal, maka daru itu perlunya pengembangan sumberdaya di desa tersebut salah satunya yaitu eceng gondok.

Eceng gondok ini merupakan tanaman liar yang tumbuh di perairan sungai Desa Pasar Lama, maka dari itu pengabdian mereka dilakukan untuk meningkatkan pengembangan sumber daya desa pasar lama dengan memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan dasar dalam pembuatan pakan ikan.

Baca: Hasil Persib Bandung vs Bali United : Skor Akhir 1-1, Gagal Kejar Persija di Klasemen Liga 1 2018

Baca: Klasemen Liga 1 2018 Pekan 28 Usai Hasil Persib vs Bali United 1-1 & Hasil Persija vs Barito 3-0

Baca: Roger Danuarta Dikabarkan Mualaf, Arie Untung Ucap Syukur dan Unggah Foto Sang Aktor

Eceng gondok difermentasi dengan cara menyimpannya dalam plastik tertutup selama delapan hari. Ia menjelaskan pemanfaatan enceng gondok untuk bahan pakan ikan tersebut bertujuan untuk memanfaatkan potensi lokal dan mengurangi kepadatan enceng gondok di sungai Desa Pasar Lama karena selama ini tanaman enceng gondok dianggap mengganggu aliran air.

"Pakan ikan dari eceng gondok ini kaya akan protein dan vitamin," sebutnya.

Selain pembuatan pakan ikan dari eceng gondok selama tiga hari mahasiswa juga mengadakan sosialisasi kode pada barang berbahan plastik, pelatihan membuat nugget dari daun singkong, perlatihan pembuatan serbuk jahe dan pelatihan pembuatan pin/bros dari kain perca serta senam sehat mini praktikum dan sosialisasi zat kimia pada jajanan.
(banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Let's block ads! (Why?)

http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/10/30/mahasiswa-kimia-ullm-ajak-warga-buat-pakan-ikan-dari-eceng-gondok

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahasiswa Kimia ULLM Ajak Warga Buat Pakan Ikan dari Eceng ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.