Search

Nikki Haley Mundur dari Dubes AS untuk PBB

Washington DC - Nikki Haley mengundurkan diri sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Haley sudah meminta izin kepada Presiden AS Donald Trump.

"Dia (Haley) mengatakan kepada saya mungkin enam bulan yang lalu," kata Trump kepada wartawan di Washington DC seperti dilansir AFP, Rabu (10/10/2018).

Trump menyebut, Haley ingin meluangkan waktunya untuk beristirahat. Haley sendiri merasa malu soal alasan pengunduran dirinya. Haley menyebut bahwa "penting untuk dipahami ketika saatnya untuk berdiri di samping".


Tapi dia bersikeras bahwa dia tidak berencana mencalonkan diri sebagai presiden melawan Trump pada 2020, ketika Haley kemungkinan akan dilirik sebagai alternatif capres dari Partai Republik.

Haley mengambil pekerjaan sebagai dubes AS untuk PBB dengan sedikit pengalaman dalam kebijakan luar negeri. Haley telah menekan untuk garis hawkish di Iran, membenarkan pemotongan AS untuk bantuan asing dan awal tahun ini memimpin AS dalam lari dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, menuduh itu bias terhadap Washington dan Israel.


Pada sidang Majelis Umum PBB baru-baru ini, Haley mengambil langkah yang sangat tidak biasa untuk seorang diplomat senior bergabung dengan demonstran jalanan melawan Presiden Venezuela Nicolas Maduro, berteriak dari megafon bahwa pemimpin sayap kiri harus meninggalkan kantornya.
(dkp/dkp)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/internasional/4249663/nikki-haley-mundur-dari-dubes-as-untuk-pbb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nikki Haley Mundur dari Dubes AS untuk PBB"

Post a Comment

Powered by Blogger.