Search

PT CIFO Bersama Aplikasi Sekolahan.id Beri Kemudahan ...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seiring dengan dimulainya penerapan ekosistem digital dalam rangka mendukung peningkatan pendidikan bangsa, PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) bersama aplikasi Sekolahan.id menggelar kegiatan workshop sistem manajemen sekolah berbasis Internet Of Things (IoT) dan Mobility sebagai solusi administrasi terpadu.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 perwakilan SMA/SMK se Kota Bandung dan beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat tersebut menjelaskan tentang, pentingnya sebuah sistem yang terintegrasi dalam sebuah program dan terkoneksi dengan internet, sehingga dapat memudahkan pemantauan serta pengelolaan administrasi di sekolah.

Founder Sekolahan.id, Hendry Cahya Irawan menjelasakan, menyosong era revolusi industri 4.0, pemanfaatan IoT menjadi sebuah kebutuhan penting bagi sistem manajemen sekolah. Dimana Sekolahan.id merupakan aplikasi sarana atau perangkat yang dapat menunjang kemudahan berinteraksi antara siswa, guru, dan orang tua tanpa batasan jarak maupun ruang. Aplikasi ini dapat di unduh di layanan Appstore di setiap gawai android.

"Salah satu contoh pemanfaatan Iot dan Mobility dalam sistem manajemen sekolah, adalah absensi. Sebagai contoh, saat siswa membolos sekolah, maka orang tua siswa di rumah akan langsung mendapat pesan notifikasi melalui gawainya, yang mengabarkan terkait kondisi tersebut. Sehingga baik orang tua maupun guru dapat terus melakukan pemantauan terhadap anak atau peserta didiknya masing-masing," ujarnya.

Selain sebagai sarana pemberitahuan, sistem mobilty dalam aplikasi Sekolahan.id. pun, lanjutnya berfungsi sebagai reminder atau pengingat otomatis bagi guru maupun wali kelas untuk melakukan aktivitas pengajaran kesehariannya secara spesifik, seperti di kelas apa dan jam berapa. Termasuk juga, sebagai pengingat bagi guru untuk melakukan penanganan maupun pemberian apresiasi bagi siswa, karena prestasi yang telah dicapainya.

Keunggulan lain dari sistem manajemen sekolah berbasis IoT dan Mobility dalam Sekolahan.id, adalah mesin On dan Off yang terintegrasi dengan smart card secara otomatis. Dengan mesin ini, maka pihak sekolah dapat mendeteksi siapa dan berapa lama waktu penggunaan dari perangkat komputer melalui notifikasi pesan, karena masing-masing smart card hanya dapat memuat satu identitas.

"Jadi kelebihan yang kami tonjolkan dalam aplikasi Sekolahan.id ini adalah sistem reminder dan monitoring manajemen sekolah yang terintegrasi dengan IoT dan Mobility," ucapnya.

Maka, Hendry pun berharap dengan hadirnya kecanggihan teknologi berkonsep pengingat ini, penanganan masalah peserta didik dapat segera teratasi. Karena umumnya, banyak sekolah cukup lama untuk melakukan penanganan atau pemberian apresiasi terhadap siswa, karena kesibukan guru atau wali kelasnya, sehingga menyebabkan siswa tersebut mengundurkan diri dari sekolah karena merasa tidak terperhatikan.

"Dengan sistem reminder ini, kita berharap penanganan siswa menjadi lebih cepat, sehingga siswa-siswa kita menjadi yang terbaik, serta Indonesia memiliki generasi muda yang memang berkualitas, atas dukungan para guru yang luar biasa dengan bantuan pemanfaatan teknologi," ujar Hendry.

Dalam kesempatan yang sama, Founder CIFO, Sony Setiadi mengatakan, dukungan CIFO dalam sistem aplikasi Sekolahan.id, yaitu ketersediaan akses sarana perangkat internet dengan mengutamakan solusi atas kendala permasalahan yang dihadapi dalam sebuah aplikasi manajemen sekolah.

"Solusi yang kita berikan kepada setiap client itu, bukan hanya pemenuhan kebutuhan internetnya saja, tetapi juga sarana aplikasi penunjang lainnya. Sebagai contoh, untuk mendukung penggunaan Sekolahan.id, yang akan kami berikan adalah mesin absensi, digital assisten, termasuk smartcard yang berfungsi sebagai akses kunci bagi siswa, maupun para guru atas perangkat-perangkat IoT dan Mobility yang berada di lingkungan sekolah," ujarnya di lokasi yang sama.

Ia menambahkan, dengan pemanfaatkan aplikasi ini, maka akan banyak benefit yang di dapatkan oleh sekolah. Salah satunya, aplikasi ini akan memberikan informasi tentang gambaran sebaran wilayah yang memiliki jumlah lulusan terbanyak, sehingga saat memasuki masa penerimaan peserta didik baru (PPDB), pihak sekolah akan lebih efektif dalam melakukan promosi sekolah untuk calon peserta didik di tahun ajaran baru.

"Termasuk, saat sekolah yang menjadi pelanggan kita menghasilkan para lulusan, kami juga akan memberikan fasilitas bantuan penyaluran pekerjaan kepada 1500 perusahaan IT yang menjadi mitra kami melalui aplikasi pencari kerja. Maka saat perusahaan membutuhkan tenaga kerja, mereka tinggal mengakses portal yang telah kami siapkan," katanya. (Adv / Cipta Permana).

Let's block ads! (Why?)

http://jabar.tribunnews.com/2018/11/14/pt-cifo-bersama-aplikasi-sekolahanid-beri-kemudahan-pemanfaatan-internet-sistem-manajemen-sekolah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PT CIFO Bersama Aplikasi Sekolahan.id Beri Kemudahan ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.