Search

Peringati Hari Kanker, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Berbagi Makanan Sehat - Gatra

 

Jakarta, Gatra.com – Memperingati hari kanker sedunia yang jatuh pada 4 Februari tiap tahunnya, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) khususnya tim Oncology Center membagikan 500 paket makanan sehat kepada pasien kanker.

“Kita harus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa kanker itu dapat dicegah, dapat diobati. Terutama bisa diobati dalam stadium dini. Dengan begitu memberikan keberhasilan pengobatan yang sangat tinggi, bahkan angka hidupnya tinggi,” ujar Kepala Departemen Radioterapi RSCM, dr. Arie Munandar Sp Onk. Rad, di Salemba, Jakarta Pusat, Senin (4/2).

Tujuan ditetapkan hari kanker adalah meningkatkan kesadaran publik di seluruh dunia tentang bahaya dan kerugian akibat kanker. Tim Oncology Center RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sepanjang Februari akan mendukung seluruh rangkaian kegiatan Komite Penanggulangan Kanker Nasional. Mulai dari mengadakan Training of Speakers di IMERI Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia juga webinar mengenai kanker untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

“Kami memperingati hari kanker ini sejak 2010 dengan memberikan informasi kepada masyarakat, memberikan brosur, melakukan seminar awal. Hingga akhirnya pada 2019 ini tim Oncology Center RSUPN membagikan makanan sehat,” imbuh dr Arie.

Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbesar di dunia. Lebih dari 18 juta orang terdiagnosa kanker dan 9,6 juta orang di dunia meninggal setiap tahunnya. Data WHO (Globocan, 2018) menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat sekitar 348.809 kasus kanker baru dan angka kematian mencapai 207.210.

Dalam momentum ini, tim Oncology Center RSUPN ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat Indonesia untuk dapat menerapkan perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress). Langkah ini bisa menghindari faktor risiko, dimana 30-50% kanker dapat dicegah.


Reporter: NH
Editor: Flora L.Y Barus

Let's block ads! (Why?)

https://www.gatra.com/rubrik/kesehatan/387762-Peringati-Hari-Kanker-RSUPN-Dr-Cipto-Mangunkusumo-Berbagi-Makanan-Sehat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peringati Hari Kanker, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Berbagi Makanan Sehat - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.