Search

Pastikan Layanan Lancar, Wabup Yusuf Tinjau Pasar Pelayanan Publik - detikNews

Banyuwangi - Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko melakukan kunjungan ke sejumlah pusat pelayanan publik di Banyuwangi. Kunjungan itu untuk memastikan warga tetap mendapatkan pelayanan optimal selama bulan puasa hingga menjelang Lebaran nanti.

Kunjungan tersebut diawali dari Pasar Pelayanan Publik di Kecamatan Genteng, Kamis (23/5/2019). Di sana, Yusuf berkeliling dan melihat langsung proses pelayanan administrasi kependudukan di pusat pelayanan yang berada di kompleks pasar tradisional Genteng Wetan itu.

Wabup juga sempat menyapa dan bertanya langsung kepada masyarakat yang tengah mengantre tentang pelayanan di tempat ini.

"Alhamdulillah, setiap pemohon yang saya tanya mengaku puas dengan pelayanan di sini. Menurut mereka, tempatnya dekat, strategis karena dekat dengan pasar, dan pelayanannya cepat. Artinya petugas kita telah memberikan servis yang baik kepada masyarakat. Sekalipun puasa, mereka tetap kerja optimal, tidak malas-malasan," kata Yusuf kepada detikcom.

Pasar Pelayanan Publik Banyuwangi ini, diresmikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo April 2019 lalu. Pasar pelayanan yang menyatu dengan pasar tradisional ini menjadi yang pertama di Indonesia. Pasar pelayanan ini melayani sejumlah pengurusan ijin dan surat-surat administrasi kependudukan.


Yusuf menjelaskan bahwa pihaknya ingin memastikan pelayanan publik berjalan dengan baik. Apalagi, menjelang Lebaran biasanya banyak warga yang mengurus surat kependudukan, seperti KTP dan akta lahir.

"Sekalian mudik, biasanya libur lebaran ini kan digunakan warga untuk mengurus surat-surat kependudukan. Permintaan meningkat. Nah kami ingin mengecek pelayanan di bawah untuk memastikan tidak ada kendala yang berarti. Tidak hanya yang langsung dihandle pemkab, namun pelayanan di desa juga kami cek," kata Yusuf.

Usai dari Pasar Pelayanan Publik, Yusuf juga meninjau kantor Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu dan Desa Singolatren di Kecamatan Singojuruh. Di sana, wabup ingin memastikan bahwa desa sudah siap melakukan pelayanan bila nanti banyak warga yang akan mengurus.

"Untuk desa, diimbau jam pelayanannya saat libur Lebaran nanti bisa fleksibel. Kalau ada warga yang mengurus saat libur, mungkin malam hari bisa dilayani sekalian bisa saling silaturahmi," pesan Yusuf.


Pelaksana Tugas (Plt.) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi Kusiyadi mengatakan, selama puasa pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Jam kerja di Mal Pelayanan Publik dan Pasar Pelayanan Publik, tetap mengacu pada edaran dari pemkab yakni pukul 08.00-15.00 WIB dari Senin-Jumat.

"Namun, kami akan berikan satu hari ekstra untuk melayani masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukannya jelang lebaran nanti. Kalau pemerintah menetapkan cuti lebaran dimulai 3 Juni, kami baru akan libur pada 4 Juni," kata Kusiyadi.

Selain itu, pasca libur Lebaran, Kusiyadi juga menyatakan siap membuka pelayanan ekstra. "Kalau memang nanti pemohon surat membludak seperti tahun-tahun sebelumnya, kami sudah siap memperpanjang jam kerja Dispendukcapil hingga malam hari," tutupnya.
(fat/iwd)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4562369/pastikan-layanan-lancar-wabup-yusuf-tinjau-pasar-pelayanan-publik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pastikan Layanan Lancar, Wabup Yusuf Tinjau Pasar Pelayanan Publik - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.