Search

Copa America 2019, Cerita Kaus Putih Brasil Saat Kalahkan Bolivia - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com -  Brasil berhasil mengalahkan Bolivia dengan skor 3-0 pada laga pembuka Copa America 2019 Brasil di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brasil, Jumat (14/6/2019) atau Sabtu pagi WIB.

Tiga gol kemenangan dicetak Coutinho masing-masing pada menit ke-50 (penalti), menit ke-53, dan Everton (80').

Di balik kemenangan tersebut, Brasil menuai perhatian lain karena seragam yang mereka kenakan. Pasukan Tite mengenakan kaus putih untuk pertama kalinya. Brasil mengenakan kaus dengan warna tersebut di pertandingan kompetitif setelah hampir 70 tahun.

Brasil dengan sengaja menghindari mengenakan kaus putih di laga kompetitif sejak 1957. Bagi Brasil, warna tersebut identik dengan kegagalan.

Brasil mengenakan kaus warna putih ketika mereka kalah dari Uruguay pada pertandingan final Piala Dunia 1950, yang dimainkan di kandang sendiri. Selain itu, mereka juga dikalahkan Paraguay pada final Kejuaraan Amerika Selatan 1953, kompetisi pendahulu Copa America.

Baca juga: Brasil Vs Bolivia, Coutinho Gemilang di Laga Pembuka Copa America 2019

Catatan-catatan buruk tersebut membuat pengurus Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengadakan kontes desain baru kaus timnas. Dari sana lahirlah warna kuning yang menjadi warna kebesaran mereka sampai sekarang.

Sejak mengenakan kuning sebagai warna kaus utama, Brasil telah lima kali menjuarai Piala Dunia. Koleksi Piala Dunia terbanyak yang belum dapat disamai negara-negara lain.

CBF mengatakan mereka memilih untuk kembali mengenakan kaus warna putih sebagai penghormatan kepada tim Brasil 1919 yang untuk pertama kalinya menjadi kampiun Kejuaraan Amerika Selatan.

Langkah ini mungkin berisiko di negara yang sangat percaya takhayul seperti Brasil. Meski demikian ada satu fakta sejarah yang menguntungkan Brasil, yakni negara ini telah empat kali menjadi tuan rumah Copa America. Hasilnya, mereka selalu mampu menjadi juara terlepas dari kaus warna apapun yang mereka pakai.

Let's block ads! (Why?)

https://bola.kompas.com/read/2019/06/15/14120968/copa-america-2019-cerita-kaus-putih-brasil-saat-kalahkan-bolivia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Copa America 2019, Cerita Kaus Putih Brasil Saat Kalahkan Bolivia - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.