Search

Detox Bath, Lakukan Ini Seminggu Sekali untuk Tubuh Lebih Sehat - Suara.com

Suara.com - Sesekali, tak ada salahnya memanjakan tubuh kita. Salah satunya adalah dengan Detox Bath, yakni mandi berendam di dalam air hangat dengan campuran garam Epsom serta minyak esensial.

Melansir Medical News Today, ada 2 kandungan utama dalam garam 'istimewa' ini, yaitu magnesium dan sulfat. Kombinasi kedua bahan ini diyakini bisa merangsang jalur detoksifikasi.

Magnesium adalah zat alami yang membantu berbagai fungsi tubuh, termasuk menghilangkan racun. Sulfat dapat memperkuat dinding saluran pencernaan dan membuat pelepasan racun lebih mudah.

Meski masih sedikit penelitian yang membahas tentang efek dari detoksifikasi garam Epsom ini, para konsumen yang berpengalaman menggunakannya yakin rendaman ini memiliki manfaat sebagai berikut:

Ilustrasi bermain ponsel saat berendam di bathtub. [Shutterstock]
Ilustrasi berendam di bathtub. [Shutterstock]

Menghaluskan kulit

Air yang mengandung garam Epsom dapat melembutkan kulit yang kasar, kering, hingga dapat mengelupaskan sel kulit mati. Ini juga dapat menghaluskan kulit yang terkena kondisi kulit, termasuk eksim dan psoriasis.

Tetapi jika pasien dengan kondisi kulit masih ragu, lebih baik konsultasikan dahulu pada dokter sebelum menggunakannya. Sebab bisa jadi membuat gejala lebih parah.

Mengurangi rasa sakit dan pegal

Berendam dengan garam Epsom dapat mengurangi rasa kita dan mengurangi pembengkakan pada orang yang mengalami kondisi peradangan, seperti rheumatoid arthritis , lupus , gout, dan psoriatic arthritis.

Kadar magnesium yang rendah dapat meringankan rasa sakit pada penderita artritis.

Garam Epsom yang mengandung magnesium dapat membantu tubuh membuang racun yang bisa memperburuk peradangan. Sementara itu, garam Epsom bisa juga mengurangi pembengkakan, kekakuan, dan rasa sakit.

Ilustrasi perempuan mandi di bath tub. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan mandi di bath tub. (Shutterstock)

Mengurangi stres

Kadar magnesium yang sehat dapat meningkatkan neurotransmiter otak yang bertanggung jawab untuk menginduksi tidur dan mengurangi stres. Magnesium juga dapat meningkatkan produksi melatonin, hormon pemicu tidur.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa orang yang menderita stres mental dan fisik mendapat manfaat ketika kadar magnesiumnya dikelola dengan baik.

Mandi air hangat juga dapat membantu seseorang rileks dengan membiarkan mereka melepaskan ketegangan otot dan memulihkan diri setelah hari yang panjang.

Anda dapat berendam dalam campuran air detoks ini selama 12 hingga 20 menit dan tidak menggunakan sabun sama sekali.

Lakukan detox bath ini sekali seminggu untuk merilekskan tubuh Anda dari rasa penat.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2019/06/12/191000/detox-bath-lakukan-ini-seminggu-sekali-untuk-tubuh-lebih-sehat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Detox Bath, Lakukan Ini Seminggu Sekali untuk Tubuh Lebih Sehat - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.