Search

India Beli 100 Lebih Bom Pintar Israel Penghancur Bungker - SINDOnews

loading...

NEW DELHI - Angkatan Udara India (IAF) telah menandatangani kesepakatan senilai USD43 juta untuk mendapatkan lebih dari 100 bom pintar versi SPICE-2000 Israel yang dikenal sebagai bom penghancur bungker. Bom buatan kontraktor pertahanan Rafael itu pernah digunakan New Delhi dalam serangan di Balakot, Pakistan, Februari lalu.

Kesepakatan itu diteken hari Kamis kemarin. India telah meminta Rafael untuk mengirimkan semua bom yang dibeli tersebut dalam tiga bulan ke depan.

"Sebuah kontrak untuk pengadaan lebih dari 100 bom SPICE dengan hulu ledak Mark 84 ditandatangani dengan Israel berdasarkan ketentuan darurat," kata seorang pejabat tinggi pemerintah India, seperti dikutip kantor berita ANI, Jumat (7/6/2019).

Baca Juga:

"IAF sekarang akan mendapatkan bunker buster atau versi perusak bangunan dengan hulu ledak Mark 84 yang dapat melenyapkan bangunan yang ditargetkan," lanjut pejabat tersebut tanpa disebutkan namanya.

Pada 26 Februari lalu, IAF dilaporkan menggunakan versi penetrator dari bom SPICE untuk memerangi kamp-kamp teror Jaish-e-Mohammed (JeM) di Balakot, Pakistan.

SPICE—Smart, Precise Impact, Cost-Effective (Cerdas, Dampak Tepat, Hemat Biaya)—adalah senjata dengan EO/GPS untuk mengubah bom yang dijatuhkan dari udara yang tidak terarah menjadi bom yang dipandu dengan presisi.

SPICE-2000 mengonversi bom seberat 2000 pon seperti MK-84, BLU-109, RAP-2000, dan lainnya menjadi bom stand-off.

Sebelumnya, dilaporkan juga bahwa IAF akan melengkapi pesawat tempur Su-30MKI dengan bom SPICE. Dalam sebuah dokumen yang diserahkan kepada pemerintah, IAF telah mengklaim bahwa ada bukti dari operasi Balakot di mana 80 persen dari bom mencapai targetnya.

(mas)

Let's block ads! (Why?)

https://international.sindonews.com/read/1410117/40/india-beli-100-lebih-bom-pintar-israel-penghancur-bungker-1559892172

Bagikan Berita Ini

0 Response to "India Beli 100 Lebih Bom Pintar Israel Penghancur Bungker - SINDOnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.