Search

Susu Bisa di goreng ? ini resep nya


Nama fried milk alias susu goreng sepertinya masih asing si Indonesia, tapi makanan ini jadi salah satu yang populer di Taiwan, terutama di pasar malam atau street food di sana. 

Seperti namanya, camilan ini dibuat dengan bahan utama susu cair yang dikentalkan menjadi adonan, lalu digoreng hingga kering. Biasanya disajikan dengan tusukan menyerupai sate dan dimakan selagi hangat.


Teksturnya sangat unik, karena bagian luarnya renyah, tapi begitu digigit isiannya super lembut dan lumer di mulut. Aroma dan rasa susu yang creamy inilah yang bikin nagih. 

Membayangkan bagian luar yang garing nan renyah berpadu lembut bagian dalamnya. Mau coba buat sendiri di rumah dari gambar di atas. Ternyata cukup mudah untuk membuat susu goreng

Secukupnya tepung panir.

Secukupnya tepung terigu

1/2 kg gula pasir

Secukupnya garam

3 sdm tepung maizena, yang sudah di encerkan

1 liter susu segar

Adonan kulit:

80 gram tepung terigu serbaguna
20 gram tepung maizena
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok teh gula
1 sendok makan minyak sayur
110 ml air dingin

Cara Memasak Nya

Langkah 1

Masak susu segar hingga mendidih. Lalu, masukkan tepung maizena yang telah diencerkan dengan sedikit air. Masukkan gula dan garam, aduk hingga mengental.

Langkah 2

Setelah mengental, tuang ke dalam cetakan atau loyang panjang. Bekukan dengan cara dimasukkan freezer.

Langkah 3

Setelah beku, potong sesuai selera. Sisihkan.

Langkah 4

Buat adonan kental dari tepung terigu. Masukkan potongan susu ke dalam adonan tepung terigu. Setelah susu masuk ke adonan tepung terigu, silahkan masukkan ke dalam tepung panir hingga rata.

Langkah 5

Setelah selesai terpanir semua, masukkan kembali ke dalam freezer agar tepung panir menempel sempurna. Goreng dalam kondisi susu beku sampai kecokelatan. Angkat dan sajikan.










Bagikan Berita Ini

0 Response to "Susu Bisa di goreng ? ini resep nya"

Post a Comment

Powered by Blogger.