Search

Komputer Apple Pertama Terjual 4,4 Miliar



Komputer pertama Apple --komputer pribadi Apple-1 yang dibuat pada tahun 1976-- terjual dalam sebuah pelelangan dengan harga U$ 335.000 atau Rp 4,4 miliar pekan lalu.

Menurut Fortune, Kamis 22 Juni 2017, Balai Lelang Christie New York menjual komputer itu pada pembeli tak dikenal.

Komputer itu dibangun pertama kali oleh Sreve Wozniak dan Steve Jobs di garasi rumah Jobs di Silicon Valley di Los Altos, California, Amerika Serikat. 

Komputer itu pertama dibeli Frank VanGilluwe III yang kemudian menjualnya ke Andrew "Zal" Zacharias dengan harga U$ 300 atau Rp 3,9 juta pada bulan Mei 1978.

Jobs dan Wozniak awalnya mendapat pesanan 50 komputer dari Paul Terrell, pemilik Byte Shop, sebuah gerai ritel lokal kecil di Palo Alto, California.

Sistem Apple-1 dijual tanpa casing, power supply, keyboard atau monitor, namun menawarkan motherboard pra-rakitan, yang tidak ditawarkan pesaingnya.

Sekitar 200 Apple-1 dbuat, namun hanya seperempat dari yang masih ada, seperti yang tercatat dalam akun Apple-1 online milik Mike Willegald. Ini menawarkan 8K byte RAM pada chip memori 16-pin 4K.

Jobs dan Wozniak secara resmi menghentikan Apple-1 pada bulan Oktober 1977. Mereka menawarkan diskon untuk mendorong pemiliknya membeli barang mereka.

Kebanyakan produk itu sudah hancur dan hanya beberapa Apple-1 yang masih bertahan. Lima belas di antaranya berada dalam koleksi publik, termasuk Smithsonian Museum of Art dan museum teknologi atau sains lainnya di seluruh dunia.

Jobs dan Wozniak mengembangkan Apple-II yang jauh lebih maju yang pertama kali dijual pada tanggal 10 Juni 1977, termasuk produksi versi yang lebih maju terjual sampai 1993.

Macintosh yang dibuat secara massal dan kemudian diperkenalkan pada tahun 1984 dengan desain antarmuka pengguna grafis dan mouse yang tidak terpisahkan.

Sebelumnya di awal bulan ini, Balai Lelang Christy di New York juga menjual mesin Enigma Rotor Empat Tahun 1944, yang digunakan tentara sekutu untuk mengurai pesan sandi rahasia tentara Jerman dalam Perang Dunia II seharga U$ 547.500.


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komputer Apple Pertama Terjual 4,4 Miliar"

Post a Comment

Powered by Blogger.