Search

Medical Check Up Dengan Sendok Hanyalah HOAX Dan Lelucon



Media Sosial Belakangan ini di hebohkan dengan pemberitaan yang viral Dengan Judul ( Tak perlu medical check up ke rumah sakit, cek sendiri kesehatan tubuh anda dengan cara yang sederhana)
artikel itu di sebutkan bahwa dengan sendok, plastik dan cahaya dapat menentukan tolak ukur medis seseorang.

Ekperimen yang di sebutkan oleh penulis adalah dengan sendok seseorang diinstruksikan untuk mengambil sampel air liur lidahnya lalu bungkus dengan plastik transparan dan tempatkan di bawah sinar matahari atau cahaya terang lampu. Dalam waktu satu menit sendok tersebut diklaim akan memberikan noda warna, rasa, dan bau spesifik yang menunjukkan penyakit tertentu. 

Namun ketika di lakukan percobaan. Setelah beberapa menit hasilnya tidak terlihat ada noda warna tertentu yang muncul di permukaan sendok. Bau dan rasa yang muncul pun hanya khas dari metal aluminium yang merupakan bahan dasar dari sendok. 

Sendok tersebut bukanlah standar dunia medis terlalu banyak variabel dalam eksperimen untuk bisa menentukan secara akurat suatu penyakit. Mulai dari volume air liur, intensitas cahaya, hingga ke makanan dan minuman yang sebelumnya dikonsumsi oleh seseorang mungkin bisa memengaruhi hasil eksperimen. "Soal rasa itu kemungkinan besar ada. Tapi itu nggak punya angka untuk jadi tolak ukur,"

Selain itu untuk melihat noda yang disebut merupakan tanda infeksi, di laboratorium sendiri membutuhkan waktu beberapa hari sampai koloni suatu bakteri bisa terlihat dengan mata telanjang.

"Teknologi biakan bakteri  saat ini rata-rata tiga hari dengan medium tertentu. Bukan logam,"

"Saat ini medical check up standar itu hanya melalui tahapan anamnesis, pemeriksaan fisi, dan pemeriksaan penunjang oleh tenaga medis (dokter),"


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Medical Check Up Dengan Sendok Hanyalah HOAX Dan Lelucon"

Post a Comment

Powered by Blogger.