Search

Iqbaal Ramadhan dan Karya Sastra untuk Millennial

Sebagian anak muda menganggap bahwa karya sastra merupakan sesuatu yang tua untuk dibaca. Namun tidak bagi Iqbaal Ramadhan yang belakangan jadi perbincangan saat dirinya terpilih memerankan sebagai Minke untuk film 'Bumi Manusia'.

Film 'Bumi Manusia' diangkat dari karya sastra hasil torehan tinta Pramoedya Ananta Toer. Kepada detikHOT, remaja kelahiran Surabaya, 18 tahun silam itu menceritakan dan keinginan dirinya dapat menjembatani karya sastra ke generasi milenial saat ini.

"Ini relative experiences aja ya kalau masih ada orang yang bertanya kenapa Iqbaal yang menjadi Minke? Gue cuma bisa jawab gini karena gue berharap bisa jadi jembatan penghubung antara karya sastranya eyang Pram sama generasi milenial," paparnya serius.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

"Contohnya sobat gue itu akhirnya dia bertanya suatu hari setelah press conference itu 'Bal Pramoedya itu siapa sih? 'Bumi Manusia' itu apa sih?', akhirnya gue jawab dan jelaskan can you imagine kalau Minke-nya bukan gue, gue rasa teman gue itu nggak akan pernah bertanya siapa itu eyang Pramoedya Ananta Toer, dan apa itu 'Bumi Manusia'," tambahnya seru.

Iqbaal yang saat ini masih berusia 18 tahun memang sangat mencintai beberapa karya sastra dari dalam dan mancanegara. Ia pun merasa beruntung dirinya terpilih memerankan Minke di 'Bumi Manusia' yang akhirnya dapat memperkenalkan karya sastra milik Pramoedya Ananta Toer itu.

"Sekarang gue tanya berapa banyak anak muda di Indonesia yang akhirnya tahu 'Bumi Manusia' dari eyang Pram setelah press conference 'Bumi Manusi' itu?, So jangan sampai anak-anak muda ini nggak ada yang tahu," urainya.

"Mungkin buat generasi yang udah tahu ketika semuanya udah pada meninggal, generasi gue udah pada gede yang generasi yang udah tahu dan udah nggak ada, gimana dengan generasi gue gimana? Gimana ngenalinnya? Jadi memang gue berharap dari umur-umur segini anak muda Indonesia dikenalkan kalau kita punya eyang Pram, sastrawan yang luar biasa dari Indonesia dan yang karyanya bisa mengubah banyak hidup orang di Indonesia bahkan di dunia gitu," tambahnya menggebu.

Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah

'Bumi Manusia' sendiri memang merupakan salah satu buku karya Pramoedya Ananta Toer yang banyak digunakan sebagai mata kuliah di beberapa kampus terkemuka di dunia. Iqbaal pun berharap perannya sebagai Minke di 'Bumi Manusia' dapat mengangkat karya-karya sastra lainnya yang belum terekspose.

"Dan berharap gue menjadi Minke ini pandangan orang tentang karya sastra di Indonesia atau buku-buku di Indonesia itu bisa lebih terbuka lagi gitu," pungkasnya.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan dan Buku Seperti Sahabat

Let's block ads! (Why?)

Kalo isi berita ga lengkap buka atau baca link di bawah https://hot.detik.com/read/2018/07/30/172033/4141200/1704/iqbaal-ramadhan-dan-karya-sastra-untuk-millennial

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Iqbaal Ramadhan dan Karya Sastra untuk Millennial"

Post a Comment

Powered by Blogger.