Search

Menkominfo: 2019, Internet Jakarta Harus "11-12" dengan Singapura


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara mencanangkan tahun depan Jakarta akan memiliki kecepatan internet yang hampir setara dengan Singapura.

Hal itu diungkapkan Rudiantara, dalam acara uji coba jaringan 5G oleh operator XL Axiata di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Senin (20/8/2018).

"Kita canangkan dulu bersama teman-teman (Pemprov) DKI bahwa tahun 2019, harusnya Jakarta dengan Singapur 11-12 alias beti (atau) beda tipis. Saya yakin karena kita masih punya waktu 1 tahun lagi ke depan," kata Rudiantara, Senin.

Untuk bisa mencapai rencana tersebut, ia berharap kerja sama semua pihak, mulai dari operator, pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah yang menjadi fasilitator.

Baca juga: XL Uji Coba Internet 5G di Kota Tua, Seberapa Kencang?

Ia bertekad, dimulai dari Jakarta, Indonesia nantinya bisa merebut posisi ke-2 dari segi perkembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Asia.

Sebab, saat ini, Indonesia berada di urutan ke-4 setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Kalau enggak ada yang memfasilitator, kita akan tetap posisi 4. Setidaknya, kita bisa dapat posisi nomor 2, kita enggak bisa compete dengan Singapura. Tantangannya beda," kata dia.

Rudiantara menyebut, pemerintah secara bertahap membangun palapa ring (proyek pembangunan serat optik) di beberapa wilayah.

Proyek itu disebut telah dilakukan di wilayah Indonesia bagian barat, yakni di Natuna dan Anambas pada Maret lalu.

Baca juga: XL Ingin Wujudkan Internet Cepat Rp 100.000 Per Bulan

Rencananya, akan merambah Indonesia bagian tengah tepatnya di Talaud dan Morotai pada September mendatang, dan bagian timur Indonesia di Papua dan Nusa Tenggara Timur pada Desember 2018.

"2019 tidak ada satu kabupaten atau kotamadya di Indonesia tidak ada yang tidak terhubung broadband atau internet supercepat," kata dia.

Kompas TV Gelaran Asian Games kurang 20 hari lagi sejumlah fasilitas penunjang terus dikebut pemerintah


Let's block ads! (Why?)

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/20/17374171/menkominfo-2019-internet-jakarta-harus-11-12-dengan-singapura

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menkominfo: 2019, Internet Jakarta Harus "11-12" dengan Singapura"

Post a Comment

Powered by Blogger.