Search

[Cek Fakta] Israel Dukung Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin?

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye Pilpres 2019 secara resmi baru dimulai pada Minggu, 23 September 2018. Namun, aksi dukung-mendukung untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah lama digelar, dari kalangan emak-emak hingga para jenderal, di dunia nyata hingga jagat maya.

Salah satunya digelar di Sumatera Utara pada Selasa, 18 September 2018. Sejumlah sopir angkutan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang menyatakan dukungan pada Joko Widodo atau Jokowi untuk kembali memperebutkan kursi Presiden RI.

Aksi digelar dari Lapangan Merdeka, Kota Medan menuju Lapangan Garuda, Tanjung Morawa, Deli Serdang, menempuh jarak 20 kilometer.

Klaim

Pada 19 September 2018, sebuah artikel muncul di situs Suara Nasional. Judulnya, Israel Nyatakan Dukungan ke Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Foto pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin terpampang di depannya, yang diambil pada saat pendaftaran capres dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Cek fakta: Israel dukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin (Sreengrab/Suara Nasional)

Jika hanya melihat judulnya, pembaca pasti mengira, kata 'Israel' adalah nama negara yang tak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Namun, masuk ke badan artikel, isinya sama sekali tak ada kaitannya dengan negara Israel.

Artikel tersebut mengabarkan soal demo sopir angkutan yang berlangsung di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang pada 18 September 2018.

Israel yang dimaksud adalah Israel Situmeang, Ketua Kesatuan Pemilik dan Sopir Angkutan (Kesper) Sumatera Utara.

Dalam artikel tersebut, pria bernama Israel menyatakan dukungan pada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Hari ini kami semua, sopir, pengusaha angkot dan keluarga kami, serta para penumpang kami, menyatakan dukungan kami kepada bapak Joko Widodo untuk kembali maju sebagai Presiden," kata Israel.

Suara Nasional menyebut bahwa artikel tersebut dikutip dari Vivanews.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3651967/cek-fakta-israel-dukung-pasangan-jokowi-maruf-amin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "[Cek Fakta] Israel Dukung Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin?"

Post a Comment

Powered by Blogger.