Search

Garda Revolusi Iran Ikut Tuding Israel dan AS Soal Penembakan

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Deputi Garda Revolusi Iran Hossein Salami memperingatkan pemimpin Amerika Serikat (AS) dan Israel mengharapkan tanggapan "menghancurkan" dari Teheran, menuduh mereka terlibat dalam serangan terhadap parade militer di kota Ahvaz.

"Anda telah melihat pembalasan kami sebelumnya ... Anda akan melihat bahwa tanggapan kami akan menghancurkan dan menghancurkan dan Anda akan menyesali apa yang telah Anda lakukan," kata Hossein Salami dalam pidato sebelum pemakaman korban disiarkan langsung di televisi negara.

"Anda telah melihat pembalasan kami sebelumnya [...] Anda akan melihat bahwa balasan kami akan sangat merusak dan menghancurkan dan Anda akan menyesali apa yang telah Anda lakukan, jelas Salami dalam pidato sebelum pemakaman korban penembakan itu di siaran televisi negara.

Ribuan orang memenuhi jalanan di barat daya Ahvaz di Iran. Mereka berduka atas korban penembakan sadis yang terjadi Sabtu (24/9) dan menewaskan 25 orang. Sebanyak 12 diantaranya adalah tentara Garda Revolusi Iran.

Banyak yang menyerukan, "kematian untuk Israel dan Amerika."

Peti mati yang ditutup dengan bendera Iran dibawa oleh orang-orang yang berkerumun ini. Sebagian besar dari mereka memegang foto seorang anak kecil berumur empat tahun yang ikut tertembak dalam insiden itu.

Empat penyerang menembaki podium yang digunakan para pejabat Iran untuk berkumpul dan menyaksikan parade tahunan. Parade ini diadakan untuk memperingati dimulainya perang Iran dan Irak pada 1980-1988.

Ketika tembakan terjadi, para tentara berjalan merangkak untuk menghindari peluru. Sementara perempuan dan anak-anak melarikan diri untuk menyelamatkan diri.

Sebelumnya, pejabat tinggi Iran lainnya juga menyalahkan Israel dan AS atas insiden itu. Apalagi insiden ini menghantam tepat di pusat acara dimana keamanan mestinya sangat ketat.

Menteri intelijen Iran, Mahmoud Alavi, mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap sebagian besar tersangka terkait kejadian ini telah ditangkap, seperti dilaporkan kantor berita pengadilan Mizan. Namun laporan itu tidak merinci lebih jauh.

[Gambas:Video CNN] (eks)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180924145939-120-332730/garda-revolusi-iran-ikut-tuding-israel-dan-as-soal-penembakan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Garda Revolusi Iran Ikut Tuding Israel dan AS Soal Penembakan"

Post a Comment

Powered by Blogger.