Search

Lembaga Ini Dongkrak Pembiayaan Syariah buat UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) melalui Direktorat Pembiayaan Syariah akan menyelenggarakan Indonesia Syariah Fair (Insyaf). 

Acara itu diadakan dalam rangka mengakselerasi keterlibatan berbagai lembaga pembiayaan dan pemberdayaan KUMKM di Indonesia, khususnya pembiayaan pola syariah.

Adapun penyelenggaraan INSYAF yang akan diadakan selama tiga hari, yakni pada 27–29 November 2018 dengan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Direktur Utama LPDB KUMKM, Braman Setyo menyebutkan, lembaga ini berperan sebagai lembaga di luar lembaga keuangan bank yang selama ini terfokuskan memberikan pembiayaan kepada usaha mikro dan kecil, baik langsung maupun lewat lembaga perantara dengan tingkat bagi hasil atau margin keuntungan yang kecil. 

Dia juga menyampaikan, meskipun secara prinsip penyaluran dana LPDB KUMKM sudah dimulai sejak 2008, namun khusus untuk pembiayaan syariah baru sekitar 21 persen atau Rp 1,8 triliun dari total penyaluran Rp 8,5 triliun. 

"Artinya, support dana LPDB KUMKM untuk pembiayaan syariah masih sangat sedikit, kurang dari 25 persen. Padahal kebutuhan permodalan bagi sektor usaha riil dengan pola pembiayaan syariah sedang menggeliat, seiring dengan tumbuh dan berkembangnya usaha di sektor riil berbasis syariah," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Senin (10/9/2018).

Dalam rangka mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dunia, sejak Agustus 2017, LPDB KUMKM membentuk Direktorat Pembiayaan Syariah yang khusus menangani pembiayaan syariah sekaligus melaksanakan gerakan membumikan koperasi syariah di lima provinsi. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3641024/lembaga-ini-dongkrak-pembiayaan-syariah-buat-umkm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lembaga Ini Dongkrak Pembiayaan Syariah buat UMKM"

Post a Comment

Powered by Blogger.