Search

Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan ...

SOLOK, HARIANHALUAN.COM-- Dinilai berhasil oleh masyarakat menyelesaikan konflik perbatasan antara nagari Saningbaka dengan Nagari Muoropingai, Kapolres Solok Kota,AKBP  Dony Stiawan dianugrahi piagam penghargaan oleh Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka.

Piagam pengharagaan itu diserahkan lansung oleh Ketua Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka,Chandra dan disaksikan lansung oleh  tokoh masyarakat Nagari Saningbaka dan jajaran Polres Solok Kota di Mapolres Solok Kota, Rabu (10/10).

Ketua Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka,Chandra mengatakan, penghargaan ini diberikan karena Kapolres  Solok Kota berhasil menyelesaikan konflik perbatasan anatara Nagari Saniangbaka dengan Nagari Muoropingai yang sudah terjadi sejak tahun 1967 silam.

“Sejak tahun 1967 silam, beragam upaya telah  dilakukan untuk menyelesaikan konflik perbatasan ini. Telah melibatkan beberapa orang Kapolres dan juga telah menempuh jalur hukum adat. Namun semuanya berakhir dengan tangan hampa. Sejak tahun 1967 itu pula Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saningbaka tidak bisa membangun pesantren diatas tanah miliknya sendiri,”ujar Chandra dengan mata berbinar.

Dikatannya, dengan selesainya konlik perbatasan antar nagari ini, tanah milik Pesantren   yang selama dijadikan ladang oleh masyarakat Muaropingai kembali menjadi milik yayasan, dan yayasan sudah bisa  melaksanakan pembangun pondok pesntren di tanah tersebut.

Diakuinya, memang belum semua tapal batas disepakati dua nagari ini, masih ada bebera bagian yang dalam tahap penyelesaian. Namun demikian keberhasilan penyelesaian tapal batas antara Nagari Muaropingai dengan Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saningbaka, merupakan langkah awal yang baik untuk menyelesaikan seluruh tapal batas antara Nagari Saniangbaka dengan Nagari Muaropingai.

“Kami sangat berharap dalam waktu dekat semua tapal batas sudah dapat sepakati oleh dua nagari yang bertikai,” harap Chandra.

Ditambahkannya, piagam penghargaan yang diberikan Yayasan Pesantren  Karya Anak Bangsa Saniangbaka ini, secara materi memang tak ada artinya. Akan tetapi inilah bentuk pengakuan masyarakat Nagari Saniangbaka atas keberhasilan Dony Setawan dan jajarannya meredam konflik berkepanjangan antara Nagari Saniangbaka dengan Nagari Muaropingai.

Sementara itu, Kapolres Solok Kota, Dony Setiawan mengatakan, Polres Solok Kota tidak sendiri dalam menyelesaikan konflik perbatasan ini. Melainkan banyak pihak yang membantu, termasuk Pemerintah Kabupaten Solok.

“Kami selalu mendorong Pemerintah Kabupaten Solok untuk menyelesaikan konflik ini secara bersama-sama. Tiap ada kesempatan kita ajak mereka untuk turun ke lapangan, karena potensi keributan akibat konflik perbatasan ini sangat besar, dan kalu itu terjadi korbannya juga besar,”ujar Dony Setawan. (h/eri)  

Let's block ads! (Why?)

https://www.harianhaluan.com/news/detail/71613/berhasil-selesaikan-konflik-perbatasan-akbp-dony-setiawan-terima-pengharagaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.