Search

Trump Ingin Tunjuk Anaknya Jadi Dubes AS di PBB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump ingin menunjuk anak keduanya, Ivanka Trump, sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggantikan Nikki Haley yang memutuskan mengundurkan diri pada Selasa (9/10).

Trump menganggap Ivanka sangat kompeten untuk jabatan strategis tersebut. Namun, Trump mengurungkan niatnya itu karena menganggap penunjukan Ivanka bisa memicu publik menuduhnya nepotisme.

"Saya pikir Ivanka akan hebat (menjadi dubes AS di PBB). Dia akan menjadi dinamit yang menggemparkan (di PBB). Tapi bukan berarti saya memilih dia, saya ingin (memilihnya) tapi kemudian orang akan menuduh saya nepotisme," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih seperti dilansir CNN.

"Meski saya tidak yakin ada orang yang lebih kompeten (dari Ivanka) du dunia ini, tapi tidak apa-apa kami sedang mencari beberapa kandidat lainnya untuk mengisi jabatan tersebut."

Ivanka segera meredam sejumlah kritikan terkait pernyataan sang ayah tersebut.

Melalui Twitternya, Ivanka membantah bahwa dirinya akan menggantikan Haley.

"Merupakan suatu kehormatan untuk melayani Gedung Putih bersama begitu banyak rekan kerja yang hebat dan saya tahu bahwa Presiden akan menunjuka kandidat hebat sebagai pengganti Dubes Haley. Penggantinya bukan saya," tutur Ivanka seperti dikutip AFP.

Ivanka menyebut Haley sebagai "seorang reformis berani yang berprinsip realisme dan selalu memperjuangkan kebenaran dengan tak tergoyahkan."

Haley, seorang politikus Partai Republik yang tengah meroket, memutuskan mengundurkan diri sebagai Dubes AS di PBB setelah 18 bulan menjabat.

Mantan Gubernur South Carolina menyerahkan surat pengunduran dirinya itu langsung ke Trump di Oval Office pada Selasa siang.

Haley menampik bahwa keputusannya itu dilakukan sebagai persiapannya melawan Trump dalam pemilihan umum presiden 2020 mendatang.

Beberapa media lokal menyebut Haley berencana kembali menjadi pengusaha dan berkiprah di sektor swasta. Namun, beberapa pemberitaan menyebut dia keluar dari jabatan publik karena memiliki hutang yang belum dilunasi.

Mengutip isi surat Haley, Trump menyebut perempuan 46 tahun ini mengundurkan diri untuk "beristirahat."

Trump memuji Haley yang dianggapnya telah melakukan pekerjaan yang hebat.

[Gambas:Video CNN] (rds/eks)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20181010141604-134-337290/trump-ingin-tunjuk-anaknya-jadi-dubes-as-di-pbb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Ingin Tunjuk Anaknya Jadi Dubes AS di PBB"

Post a Comment

Powered by Blogger.