Spyware Israel di Balik Pengintaian Khashoggi

Jakarta - Penyelidikan kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi terus dilakukan. Informasi yang baru terungkap menyebut otoritas Arab Saudi menggunakan spyware buatan perusahaan Israel untuk melacak pergerakan Khashoggi.

Seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Kamis (8/11/2018), hal itu diungkapkan mantan kontraktor intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, melalui video call ke dalam sebuah konferensi di Tel Aviv, Israel.

"Saudi, tentu saja, tahu bahwa Khashoggi akan pergi ke Konsulat (di Istanbul, Turki), karena dia memiliki temu janji. Tapi bagaimana mereka tahu tujuan dan rencana-rencananya?" ucap Snowden.

Snowden menyebut, aktivitas Khashoggi bisa diketahui karena telepon genggam salah satu sahabatnya telah terinfeksi spyware Pegasus. Namun Snowden tidak menjelaskan identitas sahabat Khashoggi dimaksud. Dia hanya menyebut sahabat Khashoggi itu mengasingkan diri ke Kanada.

"Kebenarannya adalah mereka mengejar beberapa sahabatnya (Khashoggi-red) melalui sebuah program yang diciptakan oleh perusahaan Israel," ujar Snowden.

Menurut Snowden, spyware Pegasus merupakan sebuah teknologi buatan perusahaan keamanan siber Israel, NSO Group Technologies. Spyware Pegasus itu dijual ke sejumlah pemerintahan berbagai negara untuk digunakan dalam melacak musuh.

Spyware Pegasus bisa melakukan pengintaian secara tak terbatas pada telepon genggam. Teknologi itu dipandang sebagai aplikasi spyware mobile paling kuat di dunia.

Otoritas Saudi menyebut Khashoggi tewas dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. Kantor jaksa Istanbul menyebut Khashoggi tewas dicekik lalu dimutilasi oleh tim intelijen Saudi.

Hurriyet Daily News pada 23 Oktober 2018 lalu melansir pernyataan sumber kepolisian Turki yang dikutip oleh kolumnis Hurriyet, Abdulkadir Selvi, mengungkap informasi penyemaran agen Saudi.

Beberapa jam setelah Khashoggi tewas di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, seorang pria tampak berjalan keluar dari Konsulat Saudi. Pria itu tampak memakai pakaian milik Khashoggi lengkap dengan kacamatanya. Pria itu juga memiliki berewok yang sama dengan Khashoggi.

Simak Juga 'Hasil Penyelidikan Khashoggi Diklaim 'Loloskan' Putra ':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/internasional/d-4293865/spyware-israel-di-balik-pengintaian-khashoggi

Posting Komentar

0 Komentar