Search

PAN, PSI, PKS, dan 7 Partai Lain Diprediksi Tak Lolos ke Senayan - Jawa Pos

JawaPos.com - Vox Populi Research Center merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik di pemilu 2019. Hasilnya ada 10 partai yang terancam gagal lolos ke parlemen.

Mereka yakni PAN (3,9 persen), PSI (3,7 persen), PKS (3,4 persen), dan PPP (2,9 persen). Berikutnya adalah Perindo (1,8 persen), Partai Hanura (1,1 persen), Partai Berkarya (0,9 persen), PBB (0,6 persen), PKPI (0,3 persen) dan Partai Garuda (0,2 persen).

Sementara itu, urutan pertama dan kedua partai yang lolos ke parlemen yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 26,8 persen, dan Partai Gerindra 15, 1 persen.

"Tingginya elektabilitas PDIP dan Gerindra tidak dapat dilepaskan dari figur Jokowi sebagai capres petahana dan Prabowo sebagai penantang," kata Direktur Riset Vox Populi, Dika Moehamad dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/3).

Partai lain yang tidak punya representasi dalam pasangan calon (paslon) tampaknya mengalami dilema menghadapi pemilu serentak. Efek ekor jas (coattail effect) tampaknya tak terlalu berdampak terhadap perolehan suara partai-partai ini.

Seperti Golkar yang tergusur ke peringkat ketiga dengan elektabilitas 10,2 persen. Demikian pula dengan Demokrat (5,3 persen) yang turun ke posisi lima, tersalip oleh PKB (7,1 persen). Selanjutnya ada Nasdem dengan 4,3 persen.

"Masih ada 12,4 persen yang belum memutuskan pilihan," imbuh Dika.

Diketahui, survei Vox Populi Research Center dilakukan dengan metode kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang, dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi. Margin of error 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data dilakukan pada 5-15 Maret 2019.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Sabik Aji Taufan

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/pemilihan/25/03/2019/pan-psi-pks-dan-7-partai-lain-diprediksi-tak-lolos-ke-senayan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PAN, PSI, PKS, dan 7 Partai Lain Diprediksi Tak Lolos ke Senayan - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.