Search

Status Anak Gunung Krakatau Turun Jadi Waspada - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menurunkan status Gunung api Anak Krakatau dari level III (Siaga) menjadi level II (Waspada). Status ini berlaku sejak 25 Maret 2019.

Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar menjelaskan, hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga 25 Maret 2019, tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau cenderung menurun walaupun berfluktuasi kecil. Potensi erupsi masih ada, namun dengan intensitas yang kecil dibandingkan periode erupsi Desember 2018 dan sebaran material hasil erupsi yang membahayakan hanya tersebar pada radius 2 kilo meter (km) dari kawah aktif Gunung Anak Krakatau.


Lebih lanjut, Rudy menuturkan, secara visual Gunung Anak Krakatau, pasca periode erupsi intensif sejak Juni 2019 - 9 Januari 2019, masih sesekali mengeluarkan letusan asap putih uap air dengan tinggi kolom asap maksimal mencapai 1.000 meter di atas puncak.

"Pengamatan energi tremor cenderung menurun walaupun berfluktuatif serta tidak memperlihatkan indikasi deformasi yang signifikan pada tubuh gunung api," kata Rudy saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Melihat status tersebut, masyarakat/pengunjung/wisatawan direkomendasikan untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah aktif Gunung Anak Krakatau, yaitu di dalam pulau Gunung Anak Krakatau. 

Adapun, Kepala PVMBG Kasbani menambahkan, untuk status Gunung Bromo, saat ini aktivitasnya masih fluktuatif, namun ancamannya hanya sejauh radius 1 km, di luar radius tersebut, masyarakat bisa berkunjung dengan aman.

"Level II potensi abu ada, jadi kami imbau untuk siapkan masker. Tetapi, untuk berkunjung ke Gunung Bromo masih bisa, asal jangan masuk ke radius bahaya 1 km, karena arah angin berubah-ubah. Kalau lontaran lavanya sudah lewat 1 km, baru kami naikkan statusnya," pungkas Kasbani. (gus/gus)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnbcindonesia.com/news/20190325135356-4-62721/status-anak-gunung-krakatau-turun-jadi-waspada

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Status Anak Gunung Krakatau Turun Jadi Waspada - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.