Search

Kemensos buka klinik psikolog percepat pemulihan konflik Buton - Elshinta.com

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Sumber foto: https://bit.ly/2WAjZ9N

Elshinta.com - Kementerian Sosial (Kemensos) memprogramkan pembukaan klinik psikolog untuk mempercepat proses pemulihan konflik sosial antar warga Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Setiap konflik, kericuhan dan bentrok antarkelompok atau komunitas tertentu pasti ada pemicuh. Salah satu cara mengungkap bibit konflik di masyarakat maka Kemensos akan menghadirkan dokter psikolog," kata Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita di Kendari, Kamis (13/6).

Rekomendasi ahli psikolog dapat menjadi rujukan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak terkait untuk memulihkan kondisi sosial masyarakat di wilayah terjadinya konflik.

"Secara kasat mata pengrusakan terjadi karena ulah seseorang atau sekelompok orang. Namun penyebab seseorang melakukan tindakan diluar kewajaran tidak boleh disimpulkan dari asumsi tetapi diperlukan keterlibatan para ahli," tambahnya, dihimpun Antara.

Selain menghadirkan program klinik psikolog di daerah konflik atau daerah rawan konflik, Kemensos juga mengoptimalkan potensi kearifan lokal yang dapat meminimalisir kesenjangan kehidupan sosial antarwarga atau kelompok setempat.

Pemerintah pusat bersinergi dengan pemerintah daerah akan membangun gedung serbaguna yang diperuntukan penggunaannya bagi para pihak yang bersengketa. "Gedung serbaguna dapat digunakan untuk kegiatan olahraga, budaya, seni, ritual dan lain lain yang positif. Harapan kita warga membaur atau hidup tanpa sekat," ujar Agus.

Let's block ads! (Why?)

https://elshinta.com/news/177708/2019/06/13/kemensos-buka-klinik-psikolog-percepat-pemulihan-konflik-buton

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemensos buka klinik psikolog percepat pemulihan konflik Buton - Elshinta.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.