Search

KPK Akan Gandeng Interpol Cari Sjamsul Nursalim di Singapura - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan meminta bantuan Interpol untuk mencari tersangka kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim yang tengah berada di Singapura. Hal itu, disampaikan Ketua KPK Agus Rahardjo.

"Kita kan punya banyak teman di luar. Salah satunya dengan Interpol, kemudian dengan CPIB (lembaga antikorupsi Singapura, Corrupt Practices Investigation Bureau) dengan teman-teman dari lembaga lain di luar lah mudah-mudahan ya," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6).

Agus belum bisa memastikan apakah KPK sudah memberikan red notice atas Sjamsul Nursalim dan Istinya. Namun, ia yakin pihak luar negeri akan langsung kooperatif jika dimintai bantuan.

"Biasanya kalau sudah tersangka, penyidikan mereka akan sangat membantu," ungkapnya.

Menurut Agus, saat yang paling penting adalah mengembalikan kerugian negara atas kasus itu. Dia pun yakin masalah ini tak akan mengganggu pimpinan KPK yang menjabat mendatang karena kasus itu akan segera disidangkan.

"Segera (disidangkan). Pokoknya nggak jadi beban pimpinan yang akan datang," ucapnya.

Terkait aset Sjamsul Nursalim, lanjut Agus, penyidik KPK telah melakukan penargetan aset yang akan disita untuk mengganti kerugian negara. Tetapi Agus belum dapat memaparkan aset apa saja yang akan disita.

"Ya anak-anak pasti memikirkan itu lah. Jadi kan nanti mereka menaikan ke tingkat penyidikan mereka sudah punya data punya informasi ya sehingga kan enggak mungkin kita tanpa alat bukti yang kuat menaikkan ke penyidikan," tandas Agus.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3988395/kpk-akan-gandeng-interpol-cari-sjamsul-nursalim-di-singapura

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Akan Gandeng Interpol Cari Sjamsul Nursalim di Singapura - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.