Search

Warga Kabupaten Bnadung Rela Berdiri dan Panas-panasan Daftar PPDB - detikNews

Kabupaten Bandung - Ratusan orangtua siswa rela berdiri dan berpanas-panasan untuk melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMKN 7 Baleendah, Kabupaten Bandung.

Pantauan detikcom, Senin (17/6/201) ratusan orangtua siswa itu datang sejak pagi hari, sebagian di antaranya yang tidak mendapatkan tempat duduk rela berdiri di bawah pohon. Mereka juga rela panas-panasan di bawah terik sinar matahari.

Ade (45) salah satu orangtua siswa mengatakan, ia datang ke SMKN 7 Baleendah sekitar Pukul 07.00 WIB bersama anaknya Fikiran (16). "Datang tadi pagi Pukul 07.00 WIB. Mau daftar dapat nomor antrean 71. Pengen masuk Jurusan Teknik Gambar Bangunan," katanya kepada detikcom.

Ade mengatakan meski harus berdiri dan tersorot sinar matahari ia rela demi mendaftarkan anaknya ke SMKN 7 Baleendah. "Iya enggak kenapa-kenapa yang penting bisa daftar hari ini," ujarnya.
Selain berdiri dan tersorot sinar matahari, sejumlah orangtua siswa juga duduk di selasar lapangan sekolah.
Warga Kabupaten Bnadung Rela Berdiri dan Panas-panasan Daftar PPDBFoto: Wisma Putra

Pemandangan serupa pun terlihat di SMAN 1 Soreang, sudah sejak pagi hingga siang orangtua siswa mengantre untuk melakukan pendaftaran PPDB. Setelah menyerahkan berkas lengkap, mereka juga harus mengantre kembali untuk menggugah data ke server web Disdik Jabar yang dilakukan operator sekolah dan didampingi orangtua siswa.

Pihak sekolah mengatakan, antrean warga di hari pertama pendaftaran PPDB membeludak. "Hari ini membludak, pendaftaran mencapai 200. Kita batasi, hari ini 200 orang dulu. Tapi yang membawa formulir mencapai 400 lebih," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Tata Usaha (TU) SMAN 1 Soreang Iyus Rusdita di SMAN 1 Soreang.

Ia mengaku kewalahan dengan membludaknya pendaftaran calon Siswa SMAN 1 Soreang. "Membludak, alhamdulillah pendaftaran hari pertama berjalan lancar," ujarnya.


Iyus menerangkan, sesuai kebijakan Pergub tentang PPDB ada tiga jalur, di antaranya zonasi, ini dibagi tiga murni, kombinasi dan SKTM dan anak berkebutuhan khusus (ABK). Ada juga jalur prestasi.

"Zonasi murni 55 persen, kombinasi 15 persen, SKTM dan ABK 20 persen," jelasnua.

Ia menambahkan, zonasi kombinasi gabungan nilai UN dan zonasi. "Nilai 70 persen dan zonasi 30 persen," tambahnya.

Untuk seluruh jalur, SMAN 1 Soreang menyiapkan kuota untuk 400 orang siswa. "Kuotanya 400 orang, ada 12 (rombongan belaja) per rombelnya sekitar 36 orang," pungkasnya.
(ern/ern)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4588946/warga-kabupaten-bnadung-rela-berdiri-dan-panas-panasan-daftar-ppdb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga Kabupaten Bnadung Rela Berdiri dan Panas-panasan Daftar PPDB - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.